History

Laboratorium Terpadu mengawali sejarahnya dari keberadaan laboratorium Biologi sekitar tahun 1980-an, pada saat Unhalu berada di kampus Kemaraya. Pada saat itu Laboratorium Biologi dipimpin oleh Dra. L.E.P. Suleman-R.

Tahun 1990, dibangun Lab. Dasar di kampus Anduonohu yang terdiri dari: Lab. Fisika, Lab. Kimia, Lab. Biologi, dan Lab. Kimia Analitik. Lab. Dasar pertama kali dipimpin oleh seorang kepala, Dra. L.E.P. Suleman-R. Pimpinan berikutnya berturut-turut adalah: Drs. La Suere M.Si., Drs. Ramli M.S., dan Dr. Aripin, S.Si., M.Si.

Tahun 2008 tampuk pimpinan UPT Lab. dasar berganti dari Dr. Aripin, M.Si., kepada Drs. Pou Anda. M.Si. Tahun 2014 terjadi pergantian nama menjadi UPT Lab. terpadu berdasarkan Permendikbud Nomor 149 tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja. Pada permendikbud pasal 116 tertulis bahwa UPT Lab. Terpadu mempunyai tugas melaksanakan layanan laboratorium untuk program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pergantian nama tidak diikuti pergantian pimpinan hingga Juli 2021. . Tahun 2021, tepatnya pada bulan Agustus terjadi peralihan pimpinan kepada Dr. Drs. H. Sapto Raharjo, M.Si., CTT., CRA. Saat pergantian pimpinan, UPT Lab. terpadu membawahi tiga unit lab., yaitu: Lab. Fisika, Lab. Kimia, Lab. Biologi, dan Lab. Kimia Analitik. Masing-masing dipimpin oleh: Dr. Sukmawati, S.Si., M.Si., Laily Nurliana, S.Si., M.Si., Drs. La Kolaka, M.Si., dan Darwin Ismail, S.Si., M.Si.

Mengawali tugasnya, Kepala UPT lab. terpadu menambah satu layanan baru yaitu Lab. Kalibrasi. Laboratorium Kalibrasi dibuka untuk mendukung keberadaan Lab. Pengujian (Lab. Kimia Analitik) yang lebih dulu ada. Bukan hanya itu, Lab. Kalibrasi ditujukan pula untuk bisa berkontribusi terhadap peningkatan kualitas laboratorium di UHO dan di Sulawesi Tenggara. Satu bulan berikutnya tepatnya pada September 2021, UPT Lab. Terpadu kembali membuka layanan baru, Lab. Penelitian. Laboratorium penelitian dipersiapkan untuk memfasilitasi para dosen dan mahasiswa melakukan penelitian dengan peralatan yang memadai. Saat ini kami menyediakan dua laboratorium penelitian: 1. Laboratorium penelitian material energi; 2. Laboratoorium penelitian Biokimia dan Biologi Molekuler

Melalui fasilitas-fasilitas yang dikembangkan menjadikan UPT Lab. Terpadu UHO memiliki empat fungsi, yaitu: laboratorium pendidikan, penelitian, pengujian, dan kalibrasi.