Spread the love

Bertempat di hotel Claro Kendari, UPT Laboratorium Terpadu menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 tersebut dihadiri oleh unsur pimpinan, staf kependidikan, dan beberapa undangan lainnya. Pada kesempatan tersebut menghadirkan nara sumber auditor eksternal ISO9001:2015, Ichsan Nurdin, S.T., M.T., dari URS Makassar. Ichsan Nurdin memberikan penyegaran mengenai ISO9001:2015 dalam konteks membangun performa laboratorium kelas dunia.

Kepala UPT Laboratorium Terpadu, Dr. H. Sapto Raharjo, M.Si., menjelaskan capaian kinerja semester satu 2024.

“Sampai Juli 2024, laboratorium Terpadu telah membuktikan sebagai world class laboratory ditandai antara lain: terakreditasi ISO9001:2015, anggota jarngan laboratorium tanah dunia (GLOSOLAN), keberadaan peralatan canggih (a.l. SEM, ICP, XRD, XRF, dan NGS), tempat uji banding pupuk dari South-East Asia Laboratory Network (SEALNET) yang berpusat di Manila, dan kandidat laboratorium uji pupuk di Indonesia (penunjukkan oleh Kementan RI).”

Pada bagian akhir, kepala UPT menjelaskan agenda semester dua 2024.

“Semester dua 2024 agendanya antara lain: penyelenggaraan seminar-seminar, submit dokumen ISO17025:2017, pengembangan SDM melalui pendidikan non gelar, dan in house training, penelitian kerjasama dengan perguraan tinggi luar negeri/lembaga swasta, dan layanan praktikum/riset dalam rangka MBKM sekolah menengah.”