Seiring dengan pesatnya perkembangan Laboratorium Terpadu, Kepala UPT menggagas berdirinya Lembaga Sertifikasi Profesi khususnya pada bidang kompetensi laboratorium. Beberapa kegiatan telah dilakukan, antara lain: penyusunan dokumen panduan mutu, studi banding, dan pendampingan penyusunan dokumen SOP dan Skema. Kegiatan-kegiatan tersebut dilanjutkan dengan konsultasi dokumen untuk apresiasi BNSP. Konsultasi dilakukan sehari, pada hari Selasa, 21 November 2023 di Kampus Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro)Lampung. Kepala UPT Laboratorium Terpadu, Dr. Drs. H. Sapto Raharjo, M.Si., CTT., CRA., disambut hangat oleh Rektor UM Metro, Dr. Nyoto Suseno, M.Si. dan Ketua LSP, Lukito, S.T., MT. Pada kesempatan tersebut Kepala UPT menyampaikan pentingnya dibentuk LSP di UHO.

“Saat ini Laboratorium Terpadu sudah melayani kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, pengujian, dan kalibrasi. Dengan semakin lengkapnya fasilitas sarana dan prasarana, maka sudah saatnya dilakukan perluasan pelayanan pada bidang sertifikasi kompetensi”.

Pada bagian lain dinyatakan pula kesungguhan untuk segera merealisasikan pembentukan LSP.

” Kesungguhan Laboratorium Terpadu untuk segera membentuk LSP ditunjukkan dengan perolehan standar manajemen mutu ISO9001:2015, dan juga pengusulan sertifikasi manajemen mutu ISO17025:2017 untuk pengujian dan kalibrasi”.