Capaian demi capaian telah diraih, namun cita-cita untuk mewujudkan World Class Laboratory masih jauh. Meskipun, bukan berarti jalan ke arah itu belum ada sama sekali. Beberapa indikator penting sudah mulai nampak, diantaranya: pemenuhan standar nasional untuk pelaksanaan praktikum, beberapa instrumen kategori 3 (mutakhir) sudah dan/atau akan dimiliki dalam waktu dekat, seperti: UV-Vis, Flame fotometer, AAS, GC-MS/MS. LC-MS/MS, Next Generation Squencing (NGS) MiSeq Illumina, Calorimeter, dll. Selain itu sumber daya manusia (SDM), beberapa diantaranya sudah bersertifikat kompetensi dari Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP), yaitu: Manajer mutu, Penyelia, Laboran Kimia, Analis mikrobiologi, dan Analis Spektrofotometri UV-Vis.

Dalam bidang manajemen, Laboratorium Terpadu baru-baru ini mendapatkan sertifikat manajemen mutu ISO9001:2015 dari lembaga URS. Kepemilikan sertifikat tersebut sebagai bentuk komitmen laboratorium untuk melayani semua pelanggan/costumer dengan standar kelas dunia.

Tahun depan, 2024 akan menjadi pembuktian apakah laboratorium terpadu mampu mewujudkan dirinya sebagai world class laboratory. Masih ada beberapa agenda penting yang harus dipenuhi, yaitu: akreditasi sistem manajemen mutu ISO17025:2017 untuk pengujian dan kalibrasi, akreditasi manajemen mutu ISO14001 untuk lingkungan, dan terbangunnya laboratorium riset yang unggul sehingga mampu berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mari kita wujudkan UPT Laboratorium Terpadu UHO sebagai world class laboratory.